Memupuk Jiwa Kebangsaan di Pembukaan KKN Kebangsaan Tahun 2024

KKN Kebangsaan ke XII tahun 2024 dilaksanakan di Provinsi Maluku, oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjendikti Ristek, Kemdikbud RI, dengan tuan rumah adalah Universitas Pattimura.

Pembukaan kegiatan secara resmi dibuka pada hari Jumat, 26 Juli 2024, di Islamic Center Kota Ambon, oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Prof  Dr. Rer. Nat. Abdul Haris, M.Sc. Acara pembukaan juga dihadiri oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjendikti Ristek, Kemdikbud RI,  Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy., M.Pd, Pj. Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si.,IPU, Para Rektor dan unsur pimpinan perguruan tinggi peserta KKN Kebangsaan ke-XII, FORKOPINDA Maluku dan Kota Ambon.

KKN Kebangsaan adalah salah satu program nasional yang mewujudkan konsep tridarma perguruan tinggi.  KKN Kebangsaan ke XII tahun 2024 ini dilaksanakan di Provinsi Maluku dengan tema “Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Daerah Kepulauan”. Kegiatan KKN Kebangsaan ini dilaksanakan selama 1 bulan pada 26 Juli sampai 26 Agustus 2024. KKN Kebangsaan ini dilakukan di beberapa lokasi yaitu di Kabupaten Seram Bagian Barat (Kecamatan Kairatu, Amalatu, Taniwel, Inamosol), Kabupaten Maluku Tengah (Kecamatan Amahai, Teon Nila Serua, Seram Utara Barat, Teluk Elpaputih, Leihitu), Kab Buru (Kecamatan Namlea, Waeapo, Liliali) dan Kota Ambon.

Ketua Panitia KKN Kebangsaan ke-XII, Prof. Dr. M. Salakory., M. Kes., dalam laporannya menyampaikan bahwa KKN Kebangsaan ini diikuti oleh 500 peserta yang berasal dari 70 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, yang dipersiapkan untuk mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kebutuhan membangun negeri.

Universitas Labuhanbatu mengirimkan 2 mahasiswa sebagai perwakilan, yaitu Ricky Hamdani Ritonga dari Prodi Akuntansi dan Reza Musa Alfaridzi Panjaitan dari Prodi Hukum. Kedua mahasiswa tersebut telah melalui proses seleksi oleh LPPM Universitas Labuhanbatu sebelum ditetapkan sebagai peserta. Keberangkatan ke Ambon didampingi oleh Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt,M.Si Selaku ketua LPPM, yang berperan sebagai dosen pendamping dalam kegiatan pengantaran dan pembukaan KKN Kebangsaan yang dilaksanakan di kota Ambon tersebut.

Dengan diadakannya KKN ini diharapkan nantinya akan memberikan dorongan moral dan motivasi kepada para peserta KKN Kebangsaan, dapat membawa dampak positif yang semakin besar di berbagai daerah serta memupuk semangat kebangsaan di kalangan mahasiswa, yang nantinya dapat ditularkan ke mahasiswa lain. Sesuai dengan kata pepatah, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung dengan harapan semoga dimanapun nantinya mahasiswa ditempatkan akan tetap menjaga nama baik almamater Universitas Labuhanbatu dan tetap menjunjung tinggi adat istiadat setempat serta diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua, baik masyarakat, perguruan tinggi, maupun mahasiswa itu sendiri.

Tinggalkan Balasan