LPPM Universitas Labuhanbatu Adakan Pelepasan Mahasiswa KKN Reguler 2024

LPPM ULB: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Labuhanbatu adakan pelepasan 908 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Aula Universitas Labuhanatu, Senin, 12 Agustus 2024.

Pelepasan mahasiswa KKN 2024 ini dibuka dengan penampilan seni tari dari sanggar serumpun elok dan juga hiburan lagu. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 2 ULB Dr. Zulkifli Musannip Efendi Siregar,S.Kom.,M.M. Bapak BPH ULB Nimrot Siahaan, S.H.,M.H., Ketua LPPM Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt,M.Si, Kepala Dinas PMD Abdi Jaya Pohan, S.H., para dekan, para Kaprodi, tim LPPM, DPL serta para mahasiswa peserta KKN.

KKN merupakan salah satu bentuk implementasi dari tridarma perguruan tinggi, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. KKN merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh selama kuliah sekaligus untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat guna memberi solusi atas permasalahan yang ada.

Ketua LPPM Dr. Novilda Elizabeth Mustamu, S.Pt,M.Si melalui sambutannya menyampaikan KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat.

“Kami harapkan agar peserta KKN tahun sekarang dapat mengabdi di masing-masing lokasi dengan baik dan harus memberikan kontribusi yang baik sehingga dapat membanggakan nama perguruan tinggi. Mahasiswa harus menjaga nama baik dan almamater kampus, mampu untuk membangun kepercayaan Masyarakat di Desa, menghormati adat-istiadat di desa dan mahasiswa diharapkan dapat mentransfer ilmu-ilmu yang diperoleh di perkuliahan kepada masyarakat, agar berguna dan bermanfaat bagi masyarakat di desa.,” ungkapnya.

Diketahui para mahasiswa akan melaksanakan KKN selama 1 bulan lamanya. Mahasiswa yang akan ber-KKN berjumlah 908 orang. Masing-masing peserta KKN dibagi kepada 31 Desa, dari 5 Kabupaten yakni Kab. Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Rokan Hilir, Kab. Rokan Hilir, dan Padang Lawas yang akan dibimbing oleh 62 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Adapun program kegiatan KKN periode ini mencakup Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan, Sosial, Ekonomi, dan Kearifan Lokal.

Melalui kegiatan KKN diharapkan para mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran diri dengan realitas kehidupan bermasyarakat, meningkatkan tanggung jawab pribadi dan sosial pada berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan meningkatkan kesadaran diri dalam berperan serta selaku akademisi yang akan hidup berdampingan di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Selamat ber-KKN, semoga dalam pelaksanaannya senantiasa dilindungi Tuhan.

Tinggalkan Balasan